Pengenalan PHP Dari Dasar

Pengenalan PHP

Pengenalan PHP - Bila pada materi sebelumnya sobat PP telah mempelajari tental HTML. Maka kali ini kita akan mempelajari mengenai Pengenalan PHP. 

PHP adalah pemograman interpreter yaitu proses penerjemahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti oleh komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan. PHP disebut juga pemograman Server Side Programing, hal ini dikarenakan seluruh prosesnya dijalankan pada server. PHP adalah suatu bahasa dengan hak cipta terbuka atau biasa di sebut open source, yaitu pengguna dapat mengembangkan kode-kode fungsi PHP sesuai dengan kebutuhannya.
Pemograman PHP dapat ditulis dalam dua bentuk, yaitu penulisan baris kode PHP pada file tunggal dan penulisan kode PHP pada halaman HML ( embedded ). Kedua cara penulisan tersebut tidak memiliki perbedaan, hanya menjadi kebiasaan gaya penulisan dari programer.

Berikut contoh penulisan kode PHP :

1. Dengan Cara Embeded :

Pengenalan PHP

Gambar di atas adalah cara penulisan kode PHP dengan cara disisipkan diantara kode HTML ( embedded )

2. Dengan Cara Tunggal

Pengenalan PHP

Gambar di atas adalah cara penulisan PHP dengan cara singlefile.

Untuk penulisan kode PHP pada HTML diperlukan tambahan konfigurasi pada web server agar dapat berjalan. Konfigurasi ini bertujuan untuk mendaftarkan ekstensi .html agar dapat dikenali Apache Web Server dan diproses seperti halnya file PHP dengan ekstensi .php.

Oke, sampai disini dulu sobat PP pelajaran mengenai Pengenalan PHP. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon